Perpustakaan STIKep PPNI Jawa Barat
Institute of Nursing Science PPNI West Java
Select Language
Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

Award

The Winner in the Category of OSS Indonesia ICT Award 2009

Validated

Valid XHTML 1.0 Transitional
Valid CSS

RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Analisa Tipe Kepribadian Mahasiswa Baru T.A 2012/2013 Prodi S1 STIKep PPNI Jawa Barat Menggunakan Myers-Briggs Types Indicator (MBTI) dalam Kaitannya dengan Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
Edition Vol. 1, No. 1
Call Number (05) 610.5 SEK j
ISBN/ISSN 2354-8428
Author(s) Dharmansyah, Dhika - Personal Name
Subject(s) Tipe kepribadian
MBTI
KBK
Classification (05) 610.5 SEK j
Series Title Jurnal Keperawatan Komprehensif
GMD Jurnal
Language Indonesia
Publisher STIKep PPNI Jawa Barat
Publishing Year 2014
Publishing Place Bandung
Collation Hlm. 1-8
Abstract/Notes Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menggunakan metode pembelajaran Student Center Learning (SCL). Pendidikan keperawatan sedang berbenah untuk mengaplikasikan kurikulum tersebut. SCL ini menekankan mahasiswa agar siap menghadapi proses pembelajaran yang bercirikan mahasiswa belajar baik sebagai individu maupun kelompok dengan mencari dan menggali informasi sendiri secara aktif. Padahal setiap mahasiswa mempunyai aspek keterampilan dan kepribadian yang berbeda untuk menghadapinya. Salah satu alat ukur tipe kepribadian yang akurat dan mudah digunakan adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Alat ukur ini menggolongkan tipe kepribadian individu menjadi 16 tipe. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Dengan sampel seluruh mahasiswa baru Prodi S1 yang sudah dinyatakan lulus dan diterima di STIKep PPNI Jawa Barat pada T.A 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian mahasiswa untuk menghadapi KBK. Hasil penelitian menujukkan Dimensi kecenderungan kelas A adalah Ekstovert (E) 79.1 persen, Introvert (I) 20.9 persen, Sensing (S) 79.1 persen, Intuition (N) 20.9 persen Thinking (T) 39.5 persen, Feeling (F) 60.5 persen, Judging (J) 65.1 persen, dan Perceiving (P) 34.9 persen. Dimensi kecenderungan kelas B adalah Ekstovert (E) 73.8 persen, Introvert (I) 26.2 persen, Sensing (S) 78.6 persen, Intuition (N) 21.4 persen, Thinking (T) 59.5 persen, Feeling (F) 40.5 persen, Judging (J) 61.9 persen dan Perceiving (P) 38.1 persen. Diharapkan hasil tersebut dapat digunakan dalam proses bimbingan akademik dan pemantauan hasil indeks prestasi mahasiswa.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous